Stoikiometri

Stoikiometri adalah cabang kimia yang berhubungan dengan hubungan kuantitatif yang ada antara reaktan dan produk dalam reaksi kimia. Reaktan adalah zat yang berpartisipasi dalam reaksi kimia, dan produk adalah zat yang diperoleh sebagai hasil dari reaksi kimia.

Image result for sTOIKIOMETRI REAKSI

Stoikiometri bergantung pada kenyataan bahwa unsur-unsur berperilaku dengan cara yang dapat diprediksi, dan materi yang tidak dapat diciptakan atau dihancurkan. Karena itu, ketika unsur digabungkan menghasilkan reaksi kimia, sesuatu yang dikenal dan spesifik yang akan terjadi dan hasil reaksi dapat diprediksi berdasarkan unsur-unsur dan jumlah yang terlibat.

Stoikiometri adalah matematika di balik ilmu kimia. Perhitungan stoikiometri dapat menemukan bagaimana unsur-unsur dan komponen yang diencerkan dalam larutan yang konsentrasinya diketahui, bereaksi dalam kondisi eksperimental. Kata “Stoikiometri” berasal dari kata stoicheion Yunani, yang berarti “unsur” dan metron yang berarti “ukuran”. Artikel berikut akan memberikan pemahaman tentang:

  1. Apa hukum yang mengatur Stoikiometri?
  2. Bagaimana kita bisa menjelaskan Stoikiometri?
  3. Apa jenis Stoikiometri?
  4. Apa yang dimaksud dengan rasio stoikiometri?

Apa hukum yang mengatur Stoikiometri?

Stoikiometri bersandar pada hukum seperti hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan ganda dan hukum dan hukum kekekalan massa.

Image result for sTOIKIOMETRI REAKSIHukum kekekalan massa: Menggunakan hukum-hukum fisika seperti hukum kekekalan massa, yang menyatakan bahwa massa reaktan sama dengan massa produk, Stoikiometri digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang jumlah berbagai unsur yang digunakan dalam reaksi kimia , dan apakah mereka mengambil bentuk gas, padat atau cairan.

Hukum perbandingan tetap: Ini menyatakan bahwa senyawa kimia (zat yang terdiri dari 2 atau lebih usnur) selalu berisi proporsi yang sama dari unsur (senyawa dengan satu jenis atom) dengan massa.

Stoikiometri

Hukum perbandingan berganda: Ini adalah salah satu hukum dasar stoikiometri, disamping hukum perbandingan tetap. Kadang-kadang disebut sebagai hukum Dalton. Dikatakan bahwa, jika 2 unsur membentuk lebih dari 1 senyawa antara mereka, maka rasio massa dari unsur kedua yang bergabung dengan massa tetap dari unsur pertama keduanya akan memiliki rasio sejumlah kecil dari keseluruhan.

Bagaimana kita bisa menjelaskan Stoikiometri?

Berdasarkanhukum-hukum di atas, reaksi kimia dapat menggabungkan dalam rasio bahan kimia yang pasti. Jumlah setiap unsur harus sama di seluruh reaksi. Dalam reaksi kimia yang seimbang, hubungan antara jumlah reaktan dan produk biasanya membentuk rasio bilangan bulat. Misalnya, dalam reaksi yang membentuk amonia (NH3), tepatnya 1 molekul nitrogen (N2) bereaksi dengan 3 molekul hidrogen (H2) untuk menghasilkan 2 molekul NH3. Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut

N2 + 3H2 ——> 2NH3

Jadi, Stoikiometri dapat digunakan untuk menghitung jumlah seperti jumlah produk yang dapat diproduksi jika diberikan reaktan dan persentase reaktan yang dibuat menjadi produk diketahui.

Apa jenis Stoikiometri?

stoikiometri Reaksi: Stoikiometri sering digunakan untuk menyeimbangkan persamaan kimia yang dapat ditemukan pada stoikiometri reaksi. Ini menggambarkan hubungan kuantitatif antara zat karena mereka berpartisipasi dalam reaksi kimia. Dalam contoh di atas, nitrogen dan hidrogen bereaksi untuk membentuk amonia, reaksi stoikiometri menggambarkan rasio molekul nitrogen, hidrogen dan amonia 1: 3: 2.

stoikiometri Komposisi : ini menjelaskan kuantitatif (massa) hubungan antara unsur-unsur dalam senyawa. Misalnya, stoikiometri komposisi menggambarkan (massa) nitrogen dengan hidrogen yang bergabung menjadi amonia kompleks. yaitu 1 mol nitrogen dan 3 mol hidrogen dalam setiap 2 mol amonia. Mol adalah satuan yang digunakan dalam kimia untuk jumlah zat.

Stoikiometri Gas: Jenis stoikiometri berkaitan dengan reaksi yang melibatkan gas, di mana gas berada pada suhu, tekanan dan volume yang dikenal dan dapat dianggap gas ideal. Untuk gas, perbandingan volume idealnya sama dengan hukum gas ideal, tetapi rasio massa reaksi tunggal harus dihitung dari massa molekul reaktan dan produk, di mana massa molekul adalah massa 1 molekul zat. Gas ideal adalah gas teoretis yang terdiri dari satu set partikel yang bergerak acak, tanpa-berinteraksi yang mematuhi hukum gas ideal. Hukum gas ideal adalah persamaan keadaan gas ideal. Persamaan hukum gas ideal adalah PV = nRT, di mana P adalah tekanan, V adalah volume dan T adalah temperatur absolut, n adalah mol gas dan R adalah konstanta gas universal.

Apa yang dimaksud dengan rasio stoikiometri?

Sejumlah stoikiometri atau rasio reagen (zat yang ditambahkan ke sistem dalam rangka menciptakan reaksi kimia) adalah jumlah atau rasio di mana, dengan asumsi bahwa hasil reaksi selesai dengan dasar sebagai berikut:

  • Semua reagen yang dikonsumsi
  • Tidak ada defisit reagen
  • Tidak ada sisa-sisa residu

Reaksi hanya akan terjadi pada rasio stoikiometri